Senin, 24 Maret 2014

PERPUSTAKAAN ( LIBRARY )

TOPIK-TOPIK LANJUTAN
SISTEM INFORMASI





Oleh

Andy Linnard D.                  1501164504
                                    Yudha Rizki P.                      1501163634               
Bagas Dwi                              1501162083
Indra Kurniawan                  1501163880
                                    Julio Andre                            1501156585

06PMM











Binus University
Jakarta

2014


ABSTRAK

Perpustakaan merupakan salah satu pusat informasi, sumber ilmu pengetahuan, penelitian dan rekreasi. Hal ini dapat dilihat dari perkembangan perpustakaan dalam sejarah umat manusia yang mempunyai pesona tersendiri. Perpustakaan menjadi tempat sumber informasi dan rekreasi sehingga dapat dinikmati oleh banyak orang. Sebuah perpustakaan memiliki beberapa tugas pokok, yaitu: mengumpulkan berbagai jenis informasi, melestarikan, memelihara, dan merawat informasi yang ada, serta menyediakan informasi untuk dimanfaatkan dan diberdayakan oleh penggunanya. Perpustakaan menjadi pusat informasi yang tidak pernah habisnya untuk digali, ditimba dan dikembangkan. Melalui perpustakaan seseorang dapat bertukar informasi dan saling memperoleh nilai tambah untuk perkembangan zaman. Jika demikian, maka tidak ada alasan lagi untuk mengatakan dan menempatkan perpustakaan menjadi suatu hal yang tidak penting, sudah saatnya semua pihak bersama-sama membina dan mengembangkan seluruh jenis perpustakaan dan memanfaatkan dengan sebaik-baiknya. Perpustakaan Digital adalah perpustakaan yang mempunyai koleksi buku sebagian besar dalam bentuk format digital dan yang bisa diakses dengan komputer. Jenis perpustakaan ini berbeda dengan jenis perpustakaan konvensional yang berupa kumpulan buku tercetak, film mikro (microform dan microfiche), ataupun kumpulan kaset audio, video, dll. Isi dari perpustakaan digital berada dalam suatu komputer server yang bisa ditempatkan secara lokal, maupun di lokasi yang jauh, namun dapat diakses dengan cepat dan mudah lewat jaringan komputer. Perpustakaan Digital merupakan bagian sebuah jaringan kerja ( network ).

Kata kunci : Perpustakaan Digital, Perpustakaan menjadi tempat sumber informasi, Perpustakaan menjadi pusat informasi yang tidak pernah habisnya untuk digali, ditimba dan dikembangkan


BAB I
PENDAHULUAN

1.1. Latar Belakang

Perpustakaan merupakan salah satu pusat informasi, sumber ilmu pengetahuan, penelitian dan rekreasi. Hal ini dapat dilihat dari perkembangan perpustakaan dalam sejarah umat manusia yang mempunyai pesona tersendiri. Perpustakaan menjadi tempat sumber informasi dan rekreasi sehingga dapat dinikmati oleh banyak orang. Sebuah perpustakaan memiliki beberapa tugas pokok, yaitu: mengumpulkan berbagai jenis informasi, melestarikan, memelihara, dan merawat informasi yang ada, serta menyediakan informasi untuk dimanfaatkan dan diberdayakan oleh penggunanya. Dalam kehidupan yang serba modern dan cepat seperti saat ini semua orang membutuhkan informasi sebagai suatu hal yang hakiki. Tanpa informasi atau ketinggalan informasi akan membuat seseorang tersisih dan terbelakang. Disinilah peranan perpustakaan yang paling besar. Perpustakaan menjadi pusat informasi yang tidak pernah habisnya untuk digali, ditimba dan dikembangkan. Melalui perpustakaan seseorang dapat bertukar informasi dan saling memperoleh nilai tambah untuk perkembangan zaman. Jika demikian, maka tidak ada alasan lagi untuk mengatakan dan menempatkan perpustakaan menjadi suatu hal yang tidak penting, sudah saatnya semua pihak bersama-sama membina dan mengembangkan seluruh jenis perpustakaan dan memanfaatkan dengan sebaik-baiknya. Sesuai dengan maksud di atas, maka tujuan perpustakaan adalah agar terciptanya masyarakat yang terdidik, terbiasa membaca dan berbudaya tinggi. Masyarakat yang demikian senantiasa mengikuti perkembangan karena menguasai informasi dan ilmu pengetahuan. Setiap orang di perpustakaan dapat mengembangkan diri dengan semangat belajar secara terus menerus tanpa terikat dengan pendidikan formal. Bagi setiap orang yang terdidik dan terpelajar masuk ke perpustakaan berarti ingin membaca dan mendapatkan informasi. Bentuk dan jenis bacaan bagi setiap orang tentu berbeda, yang sama adalah kegiatannya yakni membaca dan mempelajari sesuatu. Dengan cara itu orang mengharapkan memperoleh sesuatu yang baru dan bermanfaat. Oleh karena itu jelas bahwa maksud dan tujuan sebuah perpustakaan adalah sesuatu yang mulia, yakni membantu penggunanya dalam memenuhi kebutuhan informasi.


1.2 Ruang Lingkup
Mengingat luasnya cakupan ruang lingkup tentang Perpustakaan , maka ruang lingkup yang dibahas dibatasi pada :
1.      Memberikan informasi tentang fungsi dari perpustakaan
2.      Memberikan informasi tentang perpustakaan digital

1.3 Tujuan dan Manfaat
Berdasarkan pembahasan pada latar belakang, maka dapat ditentukan tujuan penelitian ini, yaitu untuk mengetahui  perkembangan perpustakaan yang ada di Indonesia.
Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan manfaat-manfaat sebagai berikut :
1.      Memupuk minat dan bakat.
2.      Mengembangkan kemampuan untuk memecahkan masalah masalah yang dihadapi

1.4  Metodologi Penelitian

Metode yang digunakan terdiri dari beberapa bagian, yaitu :
1.      Studi pustaka
Metode pengumpulan informasi yang digunakan melalui studi artikel media internet dan buku-buku referensi yang dapat dijadikan sumber dan panduan dalam penyusunan penulisan ini.
2.      Metode Analisis
Metode analisis yang digunakan pada penelitian ini adalah dengan menganalisis dan me-review perkembangan perpustakaan yang ada di Indonesia.

1.5  Sistematika Penulisan

Untuk mempermudah pembahasan dan memberikan gambaran yang sistematis dalam memahami topik yang disajikan, kami membagi paper ini ke dalam bagian-bagian berupa bab yaitu :

BAB I    : Pendahuluan
                 Dalam bab ini diuraikan tentang masalah pokok yang dibahas dalam paper ini, yang terdiri dari Latar Belakang, Ruang Lingkup, Tujuan dan Manfaaat, Metodologi Penelitian, dan Sistematika Penulisan.

BAB II  : Landasan Teori
Dalam bab ini akan menguraikan teori atau konsep yang melandasi hal-hal yang terdapat dalam penelitian ini,

BAB III : Pembahasan
Dalam bab ini berisi hasil penelitian yang dilakukan dalam rangka mencapai tujuan dan manfaat yang ditetapkan pada pendahuluan. Lalu menunjukkan bagaimana pemikiran atau temuan-temuan diperoleh, menginterpretasikan temuan, dan mengaitkannya dengan teori yang digunakan.

BAB IV : Penutup
Dalam bab ini penulis akan menarik bebarapa kesimpulan berdasarkan petunjuk dari buku-buku referensi, internet, dan seminar teori-teori lanjutan sistem informasi serta saran yang mungkin akan diterapkan untuk kemajuan perusahaan.


BAB II
LANDASAN TEORI

Perpustakaan mengandung arti, kumpulan buku-buku bacaan, bibliotek, dan buku-buku kesusastraan (Kamus Besar Bahasa Indonesia-KBBI).

Menurut Undang Undang No.43 Bab I Pasal I, “Perpustakaan adalah institusi pengelola koleksi karya tulis, karya cetak, dan atau karya rekam secara professional dengan sisitem yang baku guna memenuhi kebutuhan pendidikan, penelitian, pelestarian, informasi dan rekreasi para pemustaka”.

Menurut Random House dalam bukunya “Dictionary of The English Language, perpustakaan adalah suatu tempat, berupa sebuah ruangan atau gedung yang berisi buku-buku dan bahan lain untuk bacaan, studi, ataupun rujukan.

Menurut Sutarno NS (2006: 11), dalam buku “Perpustakaan dan Masyarakat”, perpustakaan berasal dari kata dasar pustaka yang buku. Setelah mendapat awalan per dan akhiran an menjadi pustaka yang buku. perpustakaan, yang berarti kitab, kitab primbon atau kumpulan buku-buku, yang kemudian disebut koleksi bahan pustaka.

Menurut Ibrahim Bafadal (5:1992) (Ibrahim Bafadal : Pengelolaan Perpustakaan Sekolah, 1992) menyebutkan bahwa perpustakaan adalah suatu unit kerja dari suatu badan atau lembaga tertentu yang mengelola bahan-bahan pustaka, baik berupa buku-bukumaupun bukan berupa buku (non book material) yang diatur secara sistematis menurut aturan tertentu sehingga dapatdigunakan sebagai sumber informasi oleh setiap pemakainya.

Sulistyo Basuki (1993: 1) dalam bukunya Pengantar Ilmu Perpustakaan”,menjelaskan bahwa : “Perpustakaan adalah sebuah pranata yang dibentuk khusus untuk keperluan menyimpan, mengolah, dan menyebarluaskan bahan-bahan pustaka“.

MenurutSulistyo-Basuki (1991:3) dalam bukunya “Pengantar Ilmu Perpustakaan”, menjelaskan bahwa. perpustakaan adalah: sebuah ruangan, bagian sebuah gedung, atau pun gedung itu sendiri yang digunakan untuk menyimpan buku dan terbitan lainnya yang biasanya disimpan menurut tata susunan tertentu untuk digunakan pembaca, bukan untuk dijual.

Syihabuddin Qalyubi (2003:4) (Qalyubi, Syihabuddin dkk : Dasar-dasar ilmu perpustakaan dan Informasi, 2003), menyatakan bahwa, “Perpustakaan, secara konvensional, yaitu kumpulan buku atau bangunan fisik tempat buku dikumpulkan, disusun menurut sistem tertentu untuk kepentimgan pemakai”.

Rahayuningsih (2007:1)(Rahayuningsih : Pengolahan Perpustakaan, 2007)menyatakan bahwa :“Perpustakaan adalah suatu kesatuan unit kerja yang terdiri dari beberapa bagian, yaitu bagian pengembangan koleksi, bagian pengolahan koleksi, bagian pelayanan pengguna, dan bagian pemeliharaan sarana – prasarana”.

BAB III
PEMBAHASAN

3.1 Pengertian Perpustakaan
                       
Perpustakaan adalah suatu unit kerja yang dilaksanakan disuatu ruangan, bagian sebuah gedung maupun gedung itu sendiri yang saling berhubungan, dimana terdapat berbagai tugas dalam tiap bagian yaitu untuk memberikan informasi khususnya bagi pengguna perguruan tinggi.

Perpustakaan adalah sebuah koleksi buku dan majalah. Walaupun dapat diartikan sebagai koleksi pribadi perseorangan, namun perpustakaan lebih umum dikenal sebagai sebuah koleksi besar yang dibiayai dan dioperasikan oleh sebuah kota atau institusi, dan dimanfaatkan oleh masyarakat yang rata-rata tidak mampu membeli sekian banyak buku atas biaya sendiri.

3.2 Tujuan dan Fungsi Perpustakaan

Tujuan Perpustakaan :

1.      Mengembangkan minat, kemampuan dan kebiasaan membackhususnya serta mendayagunakan budaya tulisan dalam sektor kehidupan.
2.      Mengembangkan minat untuk mencari dan mengelolah serta memanfaatkan informasi.
1.      Meletakkan dasar-dasar kearah belajar mandiri.
2.      Memupuk minat dan bakat.
3.      Mengembangkan kemampuan untuk memecahkan masalah masalah yang dihadapi
           dalam kehidupan atas tanggung jawab dan usaha sendiri.

 Fungsi Perpustakaan :
1.      Fungsi penyimpanan, bertugas menyimpan koleksi (informasi) karena tidak mungkin semua koleksi dapat dijangkau oleh perpustakaan.
2.      Fungsi informasi, perpustakaan berfungsi menyediakan berbagai informasi untuk masyarakat.
3.      Fungsi pendidikan, perpustakaan menjadi tempat dan menyediakan sarana untuk belajar baik dilingkungan formal maupun non formal.
4.      Fungsi rekreasi, masyarakat dapat menikmati rekreasi cultural dengan membaca dan mengakses berbagai sumber informasi hiburanseperti : Novel, cerita rakyat, puisi, dan sebagainya.
5.      Fungsi kultural, Perpustakaan berfungsi untuk mendidik dan mengembangkan apresiasi budaya masyarakat melalui berbagai aktifitas, seperti :pameran, pertunjukkan, bedah buku, mendongeng, seminar, dan sebagainya.

3.3. Sejarah Perpustakaan Digital

Sejarah singkat pengenalan terhadap Perpustakaan Digital yaitu : 1. Sebelum tahun 1960: Perpustakaan Tradisional 2. Pertengahan tahun 1960-1988 : perkembangan teknologi informasi dan jaringan yang dapat mengolah dokumen menjadi lebih mudah dan efisien dengan menggunakan perangkat lunak pengolah kata. Perpustakaan masih berkembang semi modern dengan menggunakan katalog indeks. Gambar : Perpustakaan semi Modern menuju Perpustakaan Digital 3. Tahun 1990 : berkembang teknologi internet yang mampu mengakses informasi dengan cepat. Katalog mengalami metamorfosis menjadi katalog elektronik yang lebih mudah dan lebih cepat dalam pencarian kembali koleksi yang disimpan di perpustakaan 4. Tahun 1991 : Proyek TULIP (The University Licensing Project), kerjasama beberapa universitas di Amerika dengan perusahaan Elsevier Science, meneliti tentang sistem pengumpulan dan penyimpanan data serta teknik pengaksesan perpustakaan digital. 5. September 1995 : Proyek NSF/ARPA/NASA merupakan lanjutan penelitian Proyek TULIP. Istilah perpustakaan digital digunakan untuk pertama kali dalam bidang pendigitalan dokumen dan pembangunan sistem untuk dokumen digital. Gambar : Contoh Perpustakaan Digital yang masih Sederhana disejumlah perpustakaan.

 3.4 Perpustakaan Digital

Perpustakaan yang mempunyai koleksi buku sebagian besar dalam bentuk format digital dan yang bisa diakses dengan komputer. Jenis perpustakaan ini berbeda dengan jenis perpustakaan konvensional yang berupa kumpulan buku tercetak, film mikro (microform dan microfiche), ataupun kumpulan kaset audio, video, dll. Isi dari perpustakaan digital berada dalam suatu komputer server yang bisa ditempatkan secara lokal, maupun di lokasi yang jauh, namun dapat diakses dengan cepat dan mudah lewat jaringan komputer.Perpustakaan Digital merupakan bagian sebuah jaringan kerja ( network )

3.5 Keunggulan Perpustakaan Digital

1.      Layanan jarak jauh ( Long distance service )
2.      Aksesnya yang mudah
3.      murah ( cost effective )

3.6. Kendala perpustakaan digital

Kendala yang biasa dialami oleh perpustakaan digital kebanyakan adalah masalah jaringan yang terkadang sering error atau trouble sehingga berdampak sulitnya diakses oleh pengguna. Selain itu kendala yang terjadi bila server down atau server terkena virus. kendala yang dimiliki perpustakaan digital juga kurangnya sosialisasi sehingga tidak semua masyarakat mengetahui dan mengerti cara mengakses perpustakaan digital.


BAB IV
PENUTUP

4.1 Simpulan

Berdasarkan penelitian yang dilakukan, kesimpulan makalah ini adalah :
1.      Banyak sekali tujuan yang dapat dimanfaatkan dari perpustakaan
2.      Selain itu banyak sekali fungsi dari perpustakaan, seperti, sebagai tempat penyimpanan, sebagai informasi, pendidikan dan rekreasi.
3.      Masih terdapat kendala dalam perpustakaan digital, seperti masalah jaringan yang terkadang sering error atau trouble sehingga berdampak sulitnya diakses oleh pengguna. Selain itu kendala yang terjadi bila server down atau server terkena virus.

4.2 Saran

Sebaiknya kita lebih memiliki rasa untuk mengunjungi perpustakaan, karena di perpustakaan kita bisa mendapatkan banyak informasi yang belum kita dapatkan, dan sebaiknya para orang tua mengajarkan kepada anak-anak nya untuk gemar membaca, sehingga dengan demikian maka anak-anak dari kecil sehingga anak tersebut akan sering berkunjung ke perpustakaan yang ada di sekolah maupun di luar sekolahnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar